ID
Pameran Seafood 2016, di Brussel Belgia.
06 Juni 2016

Seafood Expo Global yang diadakan pada tanggal 26 – 28 April 2016 dan berlokasi di Brussel, Belgia ini adalah acara pameran perikanan terbesar di seluruh dunia yang rutin dilakukan setahun sekali sejak tahun 1993, yang dikelola oleh Diversified Communication. Dalam event kali ini berkumpul lebih dari ribuan perusahaan perikanan dari sekitar 75 negara yang terdiri dari Importir, Eksportir, wholesalers, restauran, supermarket, hotel, food service dan berbagai perusahaan profesional seafood lainnya.

Standar produk perikanan dunia saat ini sudah berubah. Dulu sertifikasi produk perikanan tangkap dan budidaya hanya bersifat persyaratan tambahan, namun sekarang sudah menjadi persyaratan utama. Hampir seluruh pemain produk perikanan besar di dunia menjadikan sertifikasi sebagai langkah awal untuk memulai bisnis. Khusus untuk retailer-retailer di Inggris, selain sertifikasi standar seperti BRC (British Retailers Consortium), GG (GlobalGAP), ASC (Aquaculture Stewarship Council) mereka juga mempunyai standar CoP (Code of Practice) sendiri yang sangat tinggi. Agar dapat mensuplai produk kepada mereka, kita juga harus lolos audit standar retailer-retailer ini. Banyak faktor yang harus dipersiapkan dan investasi yang dikeluarkan untuk memenuhi standar auditor. Rantai bisnis usaha yang diauditpun saling berhubungan, mulai dari kualitas Hatchery Plant, Feed Mill Plant, Farm dan Proccesing Plant.

Tidak banyak perusahaan penyuplai udang di dunia yang bersertifikasi lengkap dapat memenuhi permintaan pasar sesuai dengan standart kualitas produk yang diterapkan dan CP PRIMA adalah satu dari sedikit perusahaan yang mampu memenuhi kriteria tersebut. Untuk para penyuplai udang di Indonesia, hanya CP PRIMA yang mampu menembus dan menjual produk ke retailer di Inggris. Hal ini dikarenakan hasil kerja keras, komitmen serta investasi yang dilakukan untuk mendukung proses produksi dari pembenuran sampai ekspor, semua dikontrol dan dimonitor dengan baik oleh CP PRIMA.

Alasan Eropa dijadikan sebagai target pasar yang penting, dikarenakan Eropa merupakan tempat berkumpulnya customer dengan daya beli yang lebih baik dibanding pasar-pasar lainnya. Seperti sejumlah wholesaler ternama di dunia ; Wallmart, Costco, Tesco, M&S, Sainsbury’s, Waitrose, etc.

Berdasarkan statistik Pameran Perikanan Brussel 2015, lebih dari 86% pengunjung pameran menemukan produk baru atau perusahaan baru untuk bisnis mereka, dan 82% partisipan melakukan transaksi bisnis. Oleh karena itu, sejak tahun 2003, CP PRIMA selalu menghadiri acara pameran perikanan Brussel setiap tahun nya, karena disini CP PRIMA dapat memperkenalkan produk berkualitas tinggi dan bersertifikasi lengkap seperti ASC (Aquaculture Stewarship Council), GG (GlobalGAP), BAP (Best Aquaculture Practices), BRC (British Retailers Consortium), dan lain lain. Selain itu juga memberikan manfaat dan dampak positif dengan ditemukannya beberapa calon pembeli yang berprospek, Brand Awareness CP PRIMA semakin meningkat di level internasional untuk membuka pasar ekspor baru lainnya. 

Pameran Seafood 2016, di Brussel Belgia.