ID
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengapresiasi program RTVE CP Prima di Aceh
09 Agustus 2016

Pidie Jaya -  Gubernur Aceh Dr. H. Zaini Abdullah, Sabtu (30/7) lalu mengunjungi lokasi budidaya udang Vannamei di Desa Cot Nyong, Pidie Jaya. Di lokasi tambak milik Raihannah,  Doto Zaini melakukan Panen Parsial Tambak Skala Rumah Tangga Vanamei yang merupakan binaan PT Central Proteina Prima Tbk (CP Prima).

Doto Zaini mengatakan bahwa potensi budidaya udang Vannamei di Aceh sangat bagus untuk dikembangkan di Aceh.

Pada kesempatan yang sama, Ir Maimun Saleh General Manager Marketing Medan Operation CP Prima mengatakan pihaknya sudah mencoba masuk ke Aceh pada tahun 2011 dan beberapa kali berkoordinasi dengan Pemerintah provinsi Aceh. “Kami katakan bahwa vannamei ini adalah oleh Aceh, untuk Aceh, dan dari Aceh,” ujar Maimun.

Pengerjaannya membutuhkan teknologi dan pengetahuan yang dilakukan oleh warga Aceh sendiri. Untuk itu CP Prima menggandeng beberapa perguruan tinggi lokal guna berbagi pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya. Sampai saat ini CP Prima sudah mengirimkan 14 orang untuk on the job training tentang manajemen budidaya udang di Surabaya dilanjutkan dengan training serupa di beberapa daerah lainnya.  

“Diharapkan kampung vannamei dan rumah tangga vannamei di Aceh dapat berkembang seperti sentra produksi vannamei di Jawa Timur dan Jawa Tengah,” harap Maimun.

Gubernur Aceh merespon baik upaya CP Prima ini. “Berdasarkan penjelasan dari CP Prima, udang vaname menjadi potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan di Aceh untuk meningkatkan  perekonomian rakyat. Untuk lahan 1.000 meter, potensi keuntungan yang akan dihasilkan sebesar Rp 70 juta, dengan waktu pengolahan yang sangat singkat,” ujar Gubernur.

Menanggapi hal ini, gubernur berjanji akan melakukan pertemuan dengan dinas terkait dan beberapa praktisi untuk membahas tentang pengembangan potensi udang Vanamei di Aceh. (yulian.riza@cpp.co.id)

Video : Gubernur Zaini Abdullah melakukan panen parsial.