ID
CP PRIMA TURUT MAJUKAN PERIKANAN LAMPUNG
29 September 2016

Bandar Lampung – PT Central Proteina Prima Tbk (CP Prima) terus berinovasi dan berkarya di sektor perikanan nasional. Mulai dari penyediaan bibit ikan, pakan, pendampingan teknis, program kerjasama penyerapan ikan terutama patin, hingga pada pengolahan produk-produk perikanan dilakukan CP Prima guna meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memaksimalkan sumber daya yang ada.

Untuk lebih meningkatkan pengembangan pasar ikan nasional terutama di Lampung, CP Prima terus melakukan berbagai program pengembangan perikanan seperti melalui demonstration pond, dan trial farm di berbagai lokasi. Lampung Barat, merupakan salah satu contoh daerah pengembangan ikan nila yang berhasil digagas CP Prima di Lampung. Kini ikan nila sudah marak dibudidayakan di sana, padahal sebelumnya, hanya sedikit masyarakat yang mengenal komoditas ikan air tawar ini.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan CP Prima ini untuk mendukung program kerja pemerintah di bidang kemaritiman. “Lampung berpotensi besar untuk menjadi salah satu sentra produksi ikan, namun sayang pasokan ikan air tawar lebih banyak didatangkan dari daerah Jawa Barat,” ujar Among Mukardiyanto, Head of Fish Feed Lower Sumatera CP Prima. Hal ini dikarenakan produksi ikan di Lampung belum mampu memenuhi jumlah permintaan yang terus meningkat. Pasar ikan di Lampung sendiri masih didominasi oleh ikan lele, patin dan nila.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan pengembangan ke wilayah Tanggamus untuk budidaya ikan nila, ikan patin di Lampung Selatan dan Lampung Timur dengan memanfaatkan eks galian tambang pasir di daerah tersebut.

“Lampung sangat baik dalam budidaya ikan karena didukung faktor alam, yaitu ketersediaan sumber air yang baik,” tukasnya.

Pakan ikan CP Prima dengan mereknya Hiprovite 781, 779,  Turbo T78 A telah menjadi pemimpin pangsa pasar di Lampung. Hal ini membuktikan bahwa pakan CP Prima telah menjadi pilihan utama para petani.

Dihubungi terpisah, petani ikan memberikan apresiasi atas support yang dilakukan oleh CP Prima. Selain karena produksi pakan ikan CP Prima yang berkualitas, ketersediaan stok pakan lebih terjamin, juga karena adanya tim yang diturunkan untuk memonitor dan membimbing langsung para petani ikan.

“Kualitas pakan sangat bagus, didukung teknologi dan komposisi pakan yang sangat baik. Di samping itu, juga didukung oleh tim teknis yang siap membimbing dan memonitor keberhasilan petani ikan. Ini yang membuat CP Prima menjadi market leader,” jelas Aribun, salah seorang petani ikan Lampung Timur.

Resmikan Gudang Pakan

Guna memperluas jaringan pasar dan mendekatkan dengan para petani ikan, belum lama ini CP Prima meresmikan gudang pakan di Lubuk Linggau, tepatnya di Desa Tegal Rejo, Dusun I, Kecamatan Tugu Mulyo, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan.

Persemian dihadiri oleh Wilson Hendrata, Assistant Vice President of Aqua Feed Production, Martin Wiria Head of Fish Feed Lower Sumatera & West Java dan petinggi CP Prima lainnya.

Menurut Among, gudang pakan tersebut diresmikan guna mempermudah petani ikan di daerah sekitar untuk mendapatkan pakan produksi CP Prima. “Kapasitas gudang mencapai 400 ton. Untuk sementara ini, masih didominasi pakan ikan,” jelas Among.

Potensi besar di Lubung Linggau mendorong  CP Prima membuka gudang pakan ikan di wilayah itu. Selain itu, gudang juga berfungsi untuk menjaga kestabilan stok pakan ikan karena wilayah ini termasuk wilayah  penyangga. Pasokan pakan ikan dikirim dari CP Prima di Tanjung Bintang, Lampung..

Dengan keberadaan gudang pakan ini, lanjut dia, pihaknya berharap terjadi pertumbuhan penjualan. “Kita menjaga dan membangun kepercayan pelanggan yang menggunakan pakan produksi CP Prima dengan menyiapkan tim teknis lapangan untuk memonitor tumbuh kembangnya budidaya ikan di Lubuk Linggau. Hal ini dilakukan untuk mendukung keberhasilan petani ikan. Produk yang dipasarkan adalah 781. 781 N, T79,T78A, Bintang 888,” ujarnya. ***

Peresmian gudang pakan di Lubuk Linggau,