ID
KUALITAS DAN AKREDITASI
Tujuan kami tidak hanya semata memproduksi produk berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi, namun juga senantiasa memperhatikan kelestarian lingkungan.

CP Prima memahami bahwa bagian terpenting dalam memproduksi produk adalah fokus pada kualitas dan keamanan. Kami selalu memastikan bahwa produk-produk kami, baik itu produk segar ataupun beku, telah melalui pengecekan kualitas, dan terbebas dari penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya ataupun bakteri. Proses traceability selesai, memastikan tidak ada bagian proses yang tertinggal. Probiotik dan pakan kami bebas dari antibiotik, menjamin tidak terjadinya polusi lingkungan, serta mampu meningkatkan kualitas dari ikan ataupun udang yang dibudidayakan.

Dalam memproduksi makanan olahan, bagian yang paling penting adalah kualitas dan keamanan produk. Oleh karena itu kami selalu berusaha untuk memastikan bahwa semua produk makanan olahan kami:

  • Diproduksi dan dikemas di bawah sistem pemantauan kualitas yang sangat ketat dan dapat diandalkan.
  • Tidak terkontaminasi dengan zat-zat kimia berbahaya seperti antibiotik, atau tingkat yang tidak dapat diterima kontaminan lainnya, sehingga aman untuk dikonsumsi manusia.
  • Dapat dilacak ke asal-usul bahan baku seafood.
  • Diproduksi di lingkungan yang aman dan terpelihara dengan baik.

Dalam memproduksi pakan ikan dan udang, kami menerapkan pemantauan kualitas secara komprehensif di semua tahap operasi, seperti:

  • Bahan baku yang masuk diperiksa secara menyeluruh, memanfaatkan kedua metode sampling dan laboratorium tes, baik di pabrik pemasok sebelum pengiriman atau di pabrik pakan kami.
  • Persediaan bahan baku yang tersimpan di gudang, secara teratur diperiksa dan diuji secara menyeluruh sebelum penggunaan.
  • Proses kontrol kualitas diterapkan disemua tahapan produksi dalam pabrik pakan kami, sedangkan  semua parameter terkait dengan data kualitas produk didokumentasikan untuk semua batch pakan yang diproduksi.
  • Produk pakan yang dihasilkan akan diperiksa terlebih dahulu, untuk memastikan sudah sesuai dengan kualitas standar kami sebelum didistribusikan ke agen pasar atau pelanggan.

Di pabrik pakan proses kontrol kualitas dimulai dari pemeriksaan bahan baku yang masuk, baik dari pabrik pemasok sebelum pengiriman atau di pabrik pakan kami, berdasarkan spesifikasi yang telah ditentukan, metode sampling, dan analisis di laboratorium. Bahan baku di gudang secara teratur diperiksa untuk memastikan bahwa mereka berada dalam kualitas yang baik sebelum digunakan, dengan menggunakan prinsip FIFO. Dengan demikian, kontrol kualitas diterapkan pada setiap tahapan kritis tertentu selama produksi. Produk akhir akan diperiksa dan dicek untuk memastikan telah memenuhi parameter kualitas yang berlaku sebelum didistribusikan. Semua proses produksi dan data kualitas akan didokumentasikan sehingga dapat dilacak dengan baik.

Perusahaan kami selalu melakukan audit internal secara rutin di semua  pabrik pengolahan makanan dan pabrik pakan ikan dan udang. Selain itu, kami juga mengundang tim eksternal audit dari badan sertifikasi global dan dari pembeli serta mitra bisnis untuk memeriksa fasilitas pabrik.  Selama proses audit internal atau eksternal, setiap temuan akan diidentifikasi dengan baik , kemudian segera disempurnakan untuk memastikan bahwa fasilitas kami selalu memenuhi standar yang diharuskan.

Secara khusus, pabrik pakan udang kami selalu diaudit oleh external auditor berdasarkan berbagai standar audit seperti Global GAP, BAP (Best Aquaculture Practices) serta prosedur audit dari pelanggan seperti SMETA, Mark & ​​Spencer, Tesco. Sehingga pabrik pakan udang kami dinyatakan telah memenuhi standar sertifikasi yang berlaku.

Kami telah berhasil mendapatkan kepercayaan dari empat benua, yang dibuktikan dengan sejumlah sertifikasi yang diraih CP Prima untuk kualitas produk, pangan, kelestarian lingkungan.

  • BAP (Best Aquaculture Practice)

    Global Aquaculture Alliance (GAA) mengeluarkan sertfikasi untuk standar yang lengkap untuk praktek-praktek di budidaya perikanan, meliputi fasilitas pembibitan, pabrik pakan, pertambakan, hingga proses pengolahan makanan. Ini adalah salah satu faktor utama yang disyaratkan pembeli produk udang di Amerika.

  • ASC (Aquaculture Stewardship Council)

    CP Prima telah menerapkan dan memegang teguh prinsiptanggung jawab sosial dan menerapkan proses budidaya yang ramah lingkungan dalam proses produksinya sehingga mampu juga memberikan manfaat kepada petambak itu sendiri. Sertifikasi ini menjadi salah satu syarat utama oleh pembeli dari benua Eropa.

  • BRC (British Retail Consortium)

    Sebuah lembaga yang dibentuk atas inisiatif dari para retailer di Inggris, BRC menganugerahkan sertifikasi bagi perusahaan yang telah berhasil menjamin bahwa produk makanan yang dipasarkan telah memenuhi standar keamanan pangan dan berkualitas baik. Sertifikasi ini awalnya menjadi syarat utama oleh para pembeli dari Inggris, namun saat ini juga telah diakui oleh negara-negara lain.

  • GLOBAL GAP

    Dinisiasi oleh para retailer di Eropa, GLOBAL GAP diperkenalkan untuk menjamin terpenuhinya keamanan produk, dampak terhadap lingkungan dan kesehatan. CP Prima adalah perusahaan akuakultur pertama di dunia yang meraih sertifikasi ini untuk fasilitas pembibitan, pertambakan, pabrik pakan dan pabrik pengolahan makanan.

  • PROPER (Performance Ranking Of Companies)

    Dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, CP Prima berhasil mendapatkan peringkat PROPER BIRU dalam pengelolaan lingkungan untuk pabrik kami di Lampung.

  • SKP (Sertifikat Kelayakan Pengolahan)

    Dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, sertfikasi ini diserahkan bagi fasilitas pengolahan hasil perikanan yang memenuhi standar, baik untuk pengolahan produk perikanan lokal maupun ekspor.

  • HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point)

    Sebagai kontrol atas kualitas dan keamanan yang telah dilakukan bagi fasilitas produksi perikanan, kami kembali menerima sertifikasi lainnya dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yaitu HACCP, yang menunjukkan bahwasanya proses produksi yang telah dilakukan sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah Indonesia.

  • CPIB (Cara Pembenihan Ikan Yang Baik) And Cbib (Cara Budidaya Ikan Yang Baik)

    CP Prima kembali menerima sertifikasi lainnya dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia kepada perusaahan perikanan yang telah memenuhi standar cara pembenihan dan metode budidaya yang baik dan benar.

  • HALAL CERTIFICATION

    Produk pangan kami berhasil lolos dalam penilaian sertifikasi HALAL yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia, sehingga menunjukkan aman dikonsumsi oleh penduduk di negara-negara mayoritas muslim.

  • SNI (Standard Nasional Indonesia)

    Membuktikan komitmen kami dalam memproduksi produk-produk ikan dan udang berkualitas baik, Badan Standar Nasional Indonesia telah menyatakan produk pakan udang dan ikan kami sudah terdaftar di badan SNI dan diakui di seluruh Indonesia